Rabu, 15 Juni 2016

Van  Halen  adalah band hard rock Amerika yang terbentuk di Pasadena, tahun 1072 California. Formasi awalnya adalah  gitaris Eddie Van Halen, vokalis David Lee Roth, drummer Alex Van Halen, dan bassist Michael  Anthony dari tahun 1974 sampai dengan 1985.
Awal 1980-an  mereka menjadi salah satu band rock yang paling sukses sepanjang masa. Album 1984  The lead single, "Jump", menjadi hit internasional dan menjadi nomor satu di Billboard Hot 100.  Single berikutnya, "Panama" ,baik hit nomor 13 di tangga lagu AS. Di AS album ini terjual lebih dari 12 juta kopi.

Pada tahun 1985, band ini menggantikan vokalis David Lee Roth dengan mantan Montrose vokalis Sammy Hagar.  Dengan Hagar, kelompok itu akan merilis empat AS nomor satu album selama 11 tahun. Hagar meninggalkan band pada tahun 1996 tak lama sebelum rilis koleksi hits terbesar pertama band, Best Of - Volume I.
 
Mantan vokalis Ekstrim Gary Cherone cepat direkrut sebagai vokalis untuk menggantikan Hagar, dan Van Halen III  dirilis pada tahun 1998.  Cherone sempat  frustrasi dan pada tahun 1999 setelah tur dia keluar dari band ini karena kinerja komersial miskin album.

Van Halen melanjutkan tournya  tahun 2003  dan mereka bertemu kembali dengan Hagar untuk tur di seluruh dunia.  Band ini bersatu kembali merilis koleksi hits terbesar kedua pada tahun berikutnya,  The Best of Both Worlds.  Seperti Volume I sebelum, The Best of Both Worlds termasuk materi dari kedua di era Roth dan Hagar tapi   era Cherone dihilangkan.  Album ini menampilkan tiga lagu baru, dua di antaranya yang dirilis sebagai single.

Hagar kembali  meninggalkan Van Halen pada tahun 2005,  dan pada tahun 2006 Roth masuk kembali sebagai vokalis untuk tur mereka terbilang sukses. Anthony tidak diundang untuk berpartisipasi dalam tur itu,  ia digantikan oleh Wolfgang Van Halen, anak Eddie.
Van Halen adalah band terlaris dalam sejarah Amerika Serikat, dengan menjual 56 juta album di Amerika Serikat  Mereka juga bertengger  di nomor 4  daftar moneymakers atas Billboard pada tahun 2013.
Van Halen adalah salah satu dari  lima band rock yang telah memiliki dua album studio  dan menjual lebih dari 10 juta kopi di Amerika Serikat  selain itu, Van Halen menelurkan album paling hit  nomor satu  dalam sejarah grafik Mainstream Rock Billboard dan mereka adalah salah satu band terlaris di dunia sepanjang masa, setelah menjual lebih dari 80 juta rekaman.

Van Halen mencapai ketenaran di seluruh dunia selama bertahun-tahun , lagu-lagunya sangat populer dan penampilan panggung  yang  fantastis . Selain kesuksesannya ternyata Band ini juga  termasuk band yang penuh dengan Kontroversi.  Sering keluar masuk nya anggota band mempunyai cerita yang unik dan sempat membuat heboh penggemarnya. Mulai dari Roth, Hagar, dan Anthony. saling bertentangan antara band dan pers , antara sesame personil band yang lama dan yang baru. 

Namun begitu band ini  tetaplah band yang punya nama besar.  Band berpengaruh  besar terhadap perjalanan musik dunia.  Pada tahun 2007,  Van Halen didaulat oleh  Rock and Roll Hall of Fame untuk menduduki peringkat  7  daftar dari 100  band  hard rock sepanjang masa.
Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar